CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Thursday, April 5, 2012

'Boyfriend' Antar Justin Bieber Jadi Runner-Up Billboard Hot 100

Single terbaru Justin Bieber, Boyfriend, minggu ini mendarat di peringkat 2 Billboard Hot 200, sekaligus menjadi new entry tertinggi Justin di single chart setelah dua tahun lalu Baby mendarat di nomor 5 sebagai new entry. Singlenya yang berhasil menembus 10 besar Billboard adalah Never Say Never, yang pada 2011 lalu mendarat di posisi 5.

Dalam hal penjualan digital, single hasil kerja barengnya dengan Mike Posner itu di-download 521,000 kali. Dalam hal penjualan mingguan, Boyfriend pun menjadi yang kedua terbaik. Sebelumnya, single Right Round dari Flo Rida menerima jumlah download yang jauh lebih baik (636,000 download) pada minggu pembukaannya, Februari 2009 silam.

Selain itu, Boyfriend juga mengantarkan Justin ke peringkat keempat dari daftar penjualan mingguan single debut/ non-debut sepanjang masa. Prestasinya ini bahkan mengalahkan sang Mother Monster, Lady GaGa (Born This Way - 509,000). Daftar ini rupanya masih dipimpin Flo Rida, dengan Ke$ha (Tiktok - 610,000) dan Bruno Mars (Grenade - 559,000).

Di radio, Boyfriend mengumpulkan 40 juta impresi audiens dan mendarat di nomor 43 chart Radio Songs. Hal ini menjadikan Justin artis solo pria yang mempunyai impresi audiens debut ketiga terbesar setelah Eminem (52 juta untuk Just Lose It) dan Michael Jackson (41 juta untuk Black or White).

Untuk melengkapi rating radio-airplay dan penjualan digitalnya yang mengesankan, bintang pop remaja itu mencetak sejarah di chart radio airplay Pop Songs berbasis lagu-lagu mainstread top 40. Di minggu pertama perilisannya, Boyfriend diputar sebanyak 3,961 kali. Dalam hampir 20 tahun ini, tidak ada artis pria mana pun yang mampu menyaingi rekor Justin tersebut.

Satu-satunya single di Billboard Hot 100 yang mampu memblokade Boyfriend meraih tahta adalah We Are Young dari Fun. Dalam hal penjualan digital, lagu itu sebenarnya turun dari nomor 1 ke nomor 2 dengan 363 download (turun 6%). Akan tetapi, performanya di chart Radio Songs menjadikan penjualan digitalnya terangkat dari nomor 4 minggu lalu ke nomor 2 minggu ini dengan 104 juta impresi audiens (naik 19%).

Posisi 5 besar Billboard Hot 100 minggu ini diisi oleh Gotye (Somebody That I Used to Know), yang naik dari peringkat 4 ke peringkat 3; The Wanted (Glad You Came) di posisi 4 dari posisi 3 minggu lalu; dan mantan juara American Idol Kelly Clarkson dengan Stronger (What Doesn't Kill You) yang berada di nomor 5.

No comments:

Post a Comment